Membangun Sumber Uang

Senin, 19 Desember 2011

Tradisi Tato Tertua di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Istilah "Tattoo" diambil dari kata "Tatau" dalam bahasa Tahiti. Tato pertama kali tercatat di peradaban Barat dalam ekspedisi James Cook pada tahun 1769. Menurut beberapa peneliti, tato tertua ditemukan pada mumi Mesir dari abad 20 SM. Namun, tato Mesir, yang diperkirakan tato tertua yang ditemukan pada 1300 SM ternyata tidaklah benar . suku Mentawai sudah menato tubuh mereka sejak kedatangan mereka ke pantai barat Sumatera pada Zaman Logam, 1500 SM - 500 SM. Proto-bangsa Melayu tersebut berasal dari daratan Asia (Indocina).
Tattoo Mentawai adalah tatto yang tertua di dunia yang dikenal sebagai Titi. Bagi masyarakat Mentawai, tato merupakan roh kehidupan. Salah satu posisi tato adalah untuk menunjukkan identitas dan perbedaan status sosial atau profesi. Sebagai contoh, Tato Sikerei (dukun) berbeda dengan pemburu. Tato pemburu dikenal dengan gambar binatang tangkapannya, seperti babi, rusa, monyet, burung, atau buaya. sementara Sikerei diketahui dari tato bintang "Sibalu-balu" dalam tubuh mereka. Berdasarkan tradisi Mentawai, tato juga memiliki fungsi sebagai simbol keseimbangan alam. Dalam tradisi orang Mentawai, objek seperti batu, hewan, dan tumbuhan harus diabadikan di dalam tubuh mereka. Mereka menganggap semua hal memiliki jiwa. Fungsi lain dari tato adalah seni, orang Mentawai tato tubuh mereka sesuai dengan kreativitasnya.

Kedudukan tato diatur oleh kepercayaan suku Mentawai, hal itu disebut “Arat Sabulungan". Istilah ini berasal dari kata "sa" (koleksi), dan "bulung" (daun). Kumpulan daun yang disusun dalam sebuah lingkaran yang terbuat dari kelapa atau pucuk pohon sagu, yang diyakini memiliki kekuatan magis yang disebut "Kere" atau "Ketse". Ini digunakan sebagai media untuk pemujaan terhadap "Tai Kabagat Koat" (Dewa Laut), "Tai Ka-leleu" (Dewa dari hutan dan gunung), dan "Tai Ka Manua" (Dewa dari awan)."Arat Sabulungan" digunakan dalam setiap upacara, kelahiran, pernikahan, medis, pindah rumah, dan tato ketika anak laki-laki memasuki usia pubertas, yakni usia 11-12 tahun. Orang tua disebut Sikerei dan Rimata (kepala suku). Mereka akan bernegosiasi untuk menentukan hari dan bulan pelaksanaan tato.

Setelah itu, dipilih "Sipatiti" artis (tato). Sipatiti tidak didasarkan pada penunjukan jabatan publik, seperti dukun atau kepala suku, tetapi profesi laki-laki keahlian Sipatiti itu harus dibayar dengan seekor babi. Sebelum proses penatatoan dilakukan, diatur upacara pertama dipimpin oleh Sikerei. Tubuh anak laki-laki yang akan tato digambar dengan tongkat. Sketsa pada tubuh kemudian ditusuk dengan jarum kayu-ditangani. tubuh anak perlahan-lahan dipukul dengan tongkat kayu untuk memasukkan pewarna ke dalam lapisan kulit. Pewarna yang digunakan adalah campuran daun pisang dan arang tempurung.
Sumber: http://kotakhitamdunia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar