Selasa, 29 November 2011

Sejarah Awal Mula Lubang Pada Donat

Saya jamin, kalian pasti sudah pernah makan yang namanya kue donat, ya! kue donat memang kue yang mudah ditemukan, sehingga hampir semua orang sudah pernah pernah merasakan bagaimana nikmatnya. Donat adalah kue yang terbuat dari adonan tepung yang dicetak membentuk lingkaran serta berlubang di tengahnya.
lalu, tahukah kalian bagaimana sejarah awal mulanya kok donat bisa berkubang alias bolong di bagian tengahnya?. kalau kalian tak tahu, maka simaklah penjelasan singkat berikut ini.

Pada awalnya, tak ada yang namanya kue donat, yang ada hanyalah kue tepung biasa yang berbentuk bulat (tanpa lubang di tengahnya) yang diolesi klrim coklat di atasnya agar rasanya lebih nikmat. Kue seperti ini dulunya sangat terkenal di Inggris, Jerman, dan Belanda.

Lalu bagaimanakah sejarah terjadinya lubang di tengah-tengah kue tersebut sehingga menghasilkan Kue dengan nama baru yaitu kue donat?

pada dasarnya, Sejarah lubang pada kue donat ini ada 2 versi, yaitu:

1. Versi Kapten Hanson Gregory di atas kapal
Cerita ini bermula pada abad ke 19 ketika ada seorang kapten kapal yang bernama Hanson Gregory. Suatu hari, ketika kapalnya berlayar, ia duduk di atas dek kapal sambil menikmati kue bulat. Tapi di saat sedang asyik-asyiknya menikmati kuenya, tiba-tiba ada ombak yang cukup besar yang menghantam kapalnya. Sebagai kapten, iapun harus mengendalikan kapalnya agar tetap stabil terkena ombak.Ia pun membutuhkan kedua tanganya untuk mengendalikan kemudia kapal, tapi ternyata ia tak mau membuang kuenya, sehingga ia menancapkan kuenya di salah satu pegangan kemudi, sehingga kue yang ia makan menjadi kue yang berlubang tengahnya. Inilah yang kemudian menjadi awal cikal-bakal pembuatan kue yang berlubang di tengahnya yang kelak diberi nama Donat.

2. Versi Hanson Gregory di atas Dapur
Cerita ini bermula Hanson Gregory masih kecil. ia menemani ibunya untuk menggoreng adonan kue berbentuk Bulat. Saat itu, ia bertanya kepada ibunya " Bu, kenapa matangnya lama sekali?". Dan ibunya pun menjawab "soalnya bagian tengahnya susah matang, butuh waktu lama". Gregory kecilpun kemudian membuang setiap bagian tengah dari kue yang belum digoreng dang berkata kepada ibunya "bu, gorenglah kue yang sudah kulubangi ini, pasti matangnya cepat".
Ibunya pun menggoreng kue yang sudah berlubang di tengahnya itu, sejak itulah kemudian muncul ide untuk membuat kue yang berlubang tengahnya alias Donat.

Bagaimana, menarik bukan. Ternyata lubang donat juga ada sejarahnya. Sang penemu dan pencetusnya tak lain adalah seorang yang bernama hanson Gregory, tapi walaupun begitu, Yang berhak menerima paten atas lubang donat ini adalah seseorang yang bernama John Blondell, karna ialah yang pertama kali mempatenkan proses pembuatan kue berlubang itu pada tahun 1872.
sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11715774

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar