Sabtu, 26 November 2011

Waspada !! 8 Tempat Terjorok di Mall

1. Wastafel Toilet
Profesor Charles Gerba, Ph. D dari Universitas Arizaona menemukan bahwa selain gagang pintu atau dudukan toilet, ternyata wastafel di toilet umum mall menyimpan lebih banyak kuman. Hal ini dikarenakan area tersebut paling lembab dan konsisten dialiri air maupun lap lembab.

2. Meja Makan di Food Court
Profesor Elaine Larson, PH.D dari Mailman School of Public Health at Columbia University menemukan bahwa meja makan yang terlihat bersih ternyata mengandung banyak kuman seperti E. coli. Untuk menghindarinya, bawalah selalu tisu antiseptik dan lap meja Anda sebelum makan.

3. Pegangan Tangga Berjalan

"Dalam penelitian kami, ditemukan sisa makanan, bakteri E. coli, air kencing, tinja dan bekas darah di pegangan tangga berjalan," ujar profesor Gerba. Ia menyarankan untuk tidak memegang pegangan tangga berjalan yang terbuat dari karet tersebut untuk amannya.

4. Tombol ATM
Dari penelitian yang dilakukan di mesin ATM di Taipei, China, banyak ditemukan virus E.coli, flu dan demam yang menempel di tombol-tombol tersebut. Khususnya tombol 'enter' dimana orang yang biasanya setelah batuk, air ludah yang menempel di jari ikut menempel. Cucilah tangan setelah selesai bertransaksi di mesin tersebut.

5. Toko Mainan

Di area mainan anak-anak, banyak sekali anak kecil yang menjilat atau memasukkan mainan ke dalam mulutnya. Agar kuman dari anak lain tidak terjangkit pada anak Anda, setelah mainan dibeli, laplah terlebih dahulu dengan tisu anti kuman.

6. Kamar Pas
Saat orang mencoba baju, kuman bisa datang dari baju yang sedang dicoba hingga kuman kamar pas yang cenderung lembab dan jarang dibersihkan. Disarankan saat mengepas baju, tetap gunakan pakaian dalam agar kuman tidak langsung menempel ke kulit area intim.

7. Toko Gadget
Di toko ini, orang akan banyak berinteraksi dengan varian produk yang didisplay. Studi dari Journal of Applied Microbiology menemukan bahwa permukaan kaca smartphone hingga ipad dapat menularkan virus lebih cepat. Bawalah tisu pembersih dan seka gadget yang ingin Anda coba.

8. Counter Make-up
Di sini, wanita akan mencoba berbagai jenis kosmetik hingga produk perawatan. Kontak langsung dengan kulit  orang yang mencoba berisiko menularkan bakteri seperti staph, strep dan E. coli. Jika dirasa kulit sedang bermasalah atau kondisi badan sedang tidak fit, tunda dulu kunjungan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar