Senin, 21 November 2011

6 Gaya Hidup Sehat yang Menjadi Bumerang

Kehidupan semakin maju, peradaban pun semakin berkembang. Sebagian orang memilih melakukan gaya hidup sehat dan higienis sebagai cara untuk menjauhkan diri dari penyakit. Tapi terkadang ada batas-batas tertentu yang justru malah menjadi bumerang bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

Berikut ini adalah beberapa contoh kebiasaan sehat yang menjadi bumerang bila dilakukan secara berlebihan.

6 Gaya Hidup Sehat yang Menjadi Bumerang

1. Menggunakan Sunblock (Tabir Surya)
Vitamin D berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu-satunya cara untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan membiarkan diri terkena paparan sinar matahari. Karena untuk mengaktifkan vitamin D dalam bentuk yang belum aktif dalam tubuh, kita perlu sinar matahari.

Namun, banyak orang yang menggunakan tabir surya secara berlebihan karena takut kulitnya hitam atau terkena kanker. Kurangi penggunaan tabir surya, biarkan kulit Anda menyerap cahaya matahari pagi yang bermanfaat. Gunakan tabir surya hanya jika Anda memerlukannya.

2. Menggunakan Sabun dan Gel Antibakteri
Sabun dan gel antibakteri sangat mudah dibawa karena kemasannya sangat kecil. Tetapi jangan sampai hal ini membuat Anda terobsesi menjadi orang yang super-higienis, karena kemampuan alami tubuh melawan bakteri akan berkurang. Sebaiknya Anda mencuci tangan dengan air hangat dan sabun selama 20 detik untuk membunuh kuman.

3. Tidur
Manusia membutuhkan tidur selama 8 jam penuh tanpa gangguan di malam hari. Jika waktu tidur Anda kurang dari 8 jam atau malah lebih, hal ini akan mengganggu metabolisme Anda. Waktu tidur yang terlalu sedikit atau terlalu banyak akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti perut kembung, nafsu makan berlebihan, kebingungan, dan depresi.

4. Mengandalkan Pendingin Udara (Air Conditioner/AC)
Pendingin udara seperti AC memang sangat diperlukan untuk mendinginkan suhu ruangan di hari yang panas. Ketahuilah bahwa menghirup udara AC sepanjang hari ternyata kurang baik bagi kesehatan, karena mungkin mengandung bakteri dan kuman dari partikel debu. Cobalah berjalan keluar ruangan setiap beberapa jam, atau matikan AC selama beberapa menit dan membuka jendela untuk sirkulasi udara yang alami.

5. Mengandalkan Makanan Organik
Makanan organik seperti buah-buahan, sayuran, dan produk organik kemasan lainnya cenderung mahal. Ini terjadi karena proses budidayanya terbilang sulit. Anda tidak harus makan makanan organik saja untuk mendapatkan makanan sehat. Yang terpenting adalah membaca label nutrisi kemasan produk agar Anda tidak salah pilih makanan.

6. Olahraga Berlebihan
Jangan hanya fokus pada satu jenis latihan. Latihan setiap hari memang sangat baik untuk tubuh, tetapi berikan tubuh Anda waktu istirahat 2 atau 3 hari dalam seminggu agar terhindar dari kelelahan dan overtraining.

Apakah Anda melakukan satu atau lebih dari 6 kebiasaan yang bisa menjadi bumerang bagi kesehatan ini? Kendalikan diri Anda. Jaga diri Anda tetap sehat dan sederhana dalam menjalani hidup.

 Sumber :6 Gaya Hidup Sehat yang Menjadi Bumerang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar